Percepat Pengembangan Ekonomi Syariah, Pemerintah Bentuk KNKS

0
89

Jakarta, 21/11/2016 Kemenkeu – Untuk mendorong percepatan pengembangan sektor keuangan syariah, Pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Pembentukan KNKS ditandai dengan ditetapkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah.

Komite tersebut merupakan lembaga non-struktural yang bertugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional. Menurut Perpres tersebut, KNKS akan menyelenggarakan empat fungsi utama.

Pertama, pemberian rekomendasi arah kebijakan dan program strategis pembangunan nasional di sektor keuangan syariah. Kedua, pengoordinasian penyusunan dan pelaksanaan rencana arah kebijakan dan program strategis di sektor keuangan syariah. Ketiga, perumusan dan pemberian rekomendasi atas penyelesaian masalah di sektor keuangan syariah. Keempat, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan kebijakan dan program strategis di sektor keuangan syariah.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, KNKS terdiri atas Ketua, Wakil Ketua, Dewan Pengarah, dan Manajemen Eksekutif. Bertindak sebagai Ketua dan Wakil Ketua KNKS, Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selanjutnya, Dewan Pengarah KNKS terdiri atas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas; Menteri Keuangan; Menteri Agama; Menteri Badan Usaha Milik Negara; Menteri Koperasi dan UKM; Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan; Gubernur Bank Indonesia; Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan; dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Sementara itu, Manajemen Eksekutif terdiri atas Direktur Eksekutif, Sekretariat dan Unit Kerja. Manajemen Eksekutif diisi oleh tenaga profesional yang bekerja penuh waktu, baik dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS.(nv)

 

sumber: https://www.kemenkeu.go.id/Berita/percepat-pengembangan-ekonomi-syariah-pemerintah-bentuk-knks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here